Beranda | Artikel
Tafsir Ali Imran Ayat 68 Orang-Orang Yang Dekat dengan Nabi Ibrahim
Kamis, 22 Desember 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Tafsir Ali Imran Ayat 68 – Orang-Orang Yang Dekat dengan Nabi Ibrahim adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 21 Jumadil Awal 1444 H / 15 Desember 2022 M.

Tafsir Ali Imran Ayat 68 – Orang-Orang Yang Dekat dengan Nabi Ibrahim

إِنَّ أَوْلَى النَّاسِ بِإِبْرَاهِيمَ لَلَّذِينَ اتَّبَعُوهُ وَهَٰذَا النَّبِيُّ وَالَّذِينَ آمَنُوا ۗ وَاللَّهُ وَلِيُّ الْمُؤْمِنِينَ ‎

“Sesungguhnya manusia yang paling dekat dengan Nabi Ibrahim ialah orang-orang yang mengikutinya dan Nabi ini (Muhammad), beserta orang-orang yang beriman, dan Allah adalah Pelindung orang-orang yang beriman (kepada Nabi Muhammad).” (QS. Ali ‘Imran[3]: 68)

Ayat yang mulia ini merupakan pemutus antara tiga agama (yakni Yahudi, Nasrani dan Islam). Mereka inilah yang paling dekat dengan Nabi Ibrahim ‘Alaihis Salam dan yang paling berhak mengaku sebagai orang yang mengikuti beliau.

Derajat Kedekatan

Menit ke-16:41 Di ayat ini ada dalil bahwa keutamaan-keutamaan kedekatan itu berbeda. Maksudnya bahwa manusia itu berbeda dari sisi keutamaan dan kedekatannya. Di ayat ini disebutkan bahwa ada yang utama dan ada yang lebih utama lagi.

Manusia yang paling dekat dengan Ibrahim adalah yang mengikuti Nabi Ibrahim di masanya. Maksudnya adalah kaum yang mengikuti dalam pokok dan cabang-cabang agama. Oleh karena itu Allah dahulukan di ayat yang mulia ini dengan firmanNya: “Sebelum Nabi dan orang-orang yang beriman.”

Kemudian Allah menyebutkan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan orang-orang yang beriman, setelah Allah menyebutkan pengikut Nabi Ibrahim. Hal ini karena Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan orang-orang yang beriman tidak mengikuti Ibrahim dari sisi cabang syariat, adapun dari ushulnya mengikuti. Allah berfirman dalam surah Al-Maidah:

…لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا…

“Setiap mereka Kami jadikan di antara kalian syariat dan manhaj tersendiri.” (QS. Al-Ma’idah[5]: 48)

Tetapi mereka mengikuti pada pokok agama dan dari sisi penyerahan mereka kepada Allah ‘Azza wa Jalla.

Padahal kita tahu bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tentunya lebih utama dari para pengikut Nabi Ibrahim, bahkan pengikut Nabi Muhammad juga lebih utama dari pengikut Nabi Ibrahim.

Kemuliaan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan sahabatnya

Ayat ini menjelaskan kemuliaan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan orang-orang beriman bersama beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Karena mereka adalah manusia yang paling dekat dengan Ibrahim. Dimana para umat itu mengklaim bahwa mereka yang paling dekat dengan Ibrahim.

Subhanallah.. Orang Islam meskipun tidak mengaku-ngaku, mereka disebut oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala bahwa orang-orang yang beriman kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah orang yang paling dekat dengan Nabi Ibrahim ‘Alaihis Salam.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52544-tafsir-ali-imran-ayat-68-orang-orang-yang-dekat-dengan-nabi-ibrahim/